Studying Law : Battle Hymn of a Law Student


Kali ini gue mencoba membagi lagi liku-liku menjadi mahasiswa hukum.  

Sebetulnya enggak banyak berbeda dengan jurusan lainnya. Hanya beberapa kali saja kepikiran juga, kenapa sih gue ngambil  jurusan hukum? Apalagi setelah ngeliat buku-buku referensi yang tebal-tebal. Kalau dilempar maling pun pingsan tanpa kita perlu belajar jurus. Walaupun kalau mau keren inspirasinya dari para Presiden Adidaya, yang kurang keren mungkin karena terpaksa hahahaha.

Dan karena gue ambil kelas pekerja, kadang-kadang ujian gue berbarengan dengan hal-hal lain dalam kehidupan,  terutama rutin terjadi di akhir tahun...para pekerja semua tahulah. Jadi ada kalanya gue harus tetap ujian dengan mood yang rada campur sari. Semua jadi dobel-dobel. Hal yang paling puncak bikin sebal adalah kalau jadwal ujian bentrok dengan pekerjaan yang lain saudara-saudara. Kadang mau jedut-jedutin kepala ke tembok karena sudah ngerjain semua tugas dengan rapi sampai akhir...eh jadwal bentrok. Ngurusnya itu repot bener.

Pernah gue alami BT karena urusan yang ternyata gagal mencapai target, padahal besoknya harus ujian. Konsentrasi pecah dong. But the show must go on. Gue musti berusaha fokus pada segala prinsip-prinsip dan asas-asas yang rasanya kok semakin lama semakin banyak. Tuingg...tuing...

Akhirnya gue ngerti caranya supaya bisa melupakan yang lain saat ujian hukum. Move on dan remehkan dulu hal-hal yang lain! Bukan bermaksud meremehkan untuk seterusnya, tapi untuk sementara diremehkan sajalah. Lagipula gue belajar hukum itu untuk masa depan, sementara yang lainnya ya..mungkin hadir untuk masa sekarang saja.  Itu juga akan lewat.

Mau nggak mau harus punya pola berpikir seperti itu. 

Dan ada di satu titik gue menyadari sesuatu. Mungkin gue memang sudah nasibnya belajar hukum. Bukan karena kepuasan soal nilai, tapi sepertinya walaupun tampak sulit, dalam beberapa hal gue lebih dipermudah juga untuk belajar.  Kamu tentu pernah kan ada di posisi dimana semua hal tampak susah tembus, walau sudah berulang kali. Gue juga pernah ngalamin itu, tapi so far untuk belajar hukum masih lancar-lancar saja. Walaupun ada kalanya mabok. 

Artinya dalam hidup ini bisa aware mana yang lebih prioritas. Jadi tidak usah terlalu dipikirkan bila yang bukan prioritas itu berkendala. Anggap saja seperti kereta api melewati stasiun, toh nanti akan lewat lagi. Tidak usah terlalu diambil sampai ke hati. 

Kira-kira itu share pengalaman gue. Semoga masih tetap bertahan ke depannya. Amin.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu pernah mengalami hal serupa juga?


Gambar diambil dari Pixabay




Post a Comment

8 Comments

  1. Perjuangannya bener2 nggak gampang, ya. Emang kalo urusan sama mood itu rasanya nano nano banget. Di satu sisi pengen fokus banget, di satu sisi nggak bisa sefokus itu karena moodnya lagi nggak bersahabat.

    Tapi emang bener sih, apa yang dijalani sekarang di hukum itu emang buat bekal ke depannya. Yang paling penting apa yang ada di ada di depan mata harus dijalani dan dilalui.

    Senoga lancar terus mbak 💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, bang Edot, rasanya semua mhsw punya challenge nya sendiri-sendiri. Memang mood itu harus ditaklukkan dulu supaya semua beres.

      Amin terima kasih bang

      Delete
  2. Yang terlihat mudah ternyata kadang susah di raih walau sudah ada di depan mata, yang di kira agak susah eeh ternyata gak susah"amat, lanjutin terus mbak sampai mentok dan ga penasaran lagi sampai dimana sih semua nya,sampai pada titik yeeii ternyata aku bisaaa...walau penuh dengan drama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya memang terus lanjut ya. Tinggal pasang strategi baru gimana supaya mengurangi dramanya. Terima kasih semangatnya.😀

      Delete
  3. AKu dulu waktu SMA jurusannya IPA, tapi waktu ikut SPMB milih IPC biar bisa ambil jurusan IPS. Dannn anehnya aku malah milih jurusan hukum dipilihan pertama, awalnya mau pilih kedokteran tapi ga yakin bisa masuk hahaha
    Dan keterimalah di pilihan nomer 1.
    Tiap hari sahabatan sama buku tebel dan kitab undang-undang, sekarang baca buku tebel udah biasa, dan beberapa pasal KUHP aja yang aku inget. Dan aku lebih seneng kalau mempelajari kriminalitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ada Senior. Mau belajar ah. Iya niy sahabatan dengan buku tebal dan kitab undang-undang. Sekarang masih berkecimpung di bidang hukum dong mbak?

      Delete
  4. Selalu salut dengan teman2 yg kuliah tapi sambil bekerja. Krn aku tahu ga gampang membagi konsentrasinya. Aku sendiri tipe yg ga bisa ngelakuin 2 hal penting begitu mba. Makanya pas udah diterima kerja, trus ditawarin S2 Ama papa, aku nolak 🤣. Krn tau salah satunya pasti jadi korban. Itu kalo aku yaa.

    Krn suamiku toh kerja sambil S2, dan berhasil 2-2 nya, Krn dia memang bisa bagi fokusnya kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya susah memang tapi harus dijalanin. Mungkin karena kepepet ya jadi bisa. Gak apa-apa kalau merasa bisa satu persatu sebaiknya satu persatu biar dapat fokusnya.

      Delete